Search

Sabtu, 19 Februari 2011

Saat ne­ga­ra abai kewajiban

Solo Pos, Selasa, 08 Februari 2011 , Hal.4


Me­ma­lu­kan. Di te­ngah pe­ra­ya­an Ha­ri Ke­ru­kun­an Umat Ber­aga­ma yang ber­pu­sat di Ja­kar­ta, ke­ke­ras­an ter­ja­di di Kam­pung Peun­deuy, De­sa Um­bu­lan, Ke­ca­mat­an Ci­ke­u­sik, Pan­de­glang, Ban­ten.

Ti­ga je­ma­ah Ah­ma­di­yah men­ja­di kor­ban ke­ga­nas­an mas­sa. Apa yang ter­ja­di di Ci­ke­u­sik Pan­de­glang ini se­ma­kin me­ne­gas­kan bah­wa ke­ber­aga­ma­an di In­do­ne­sia be­lum di­ja­min oleh ne­ga­ra. Ne­ga­ra mem­biar­kan war­ga ne­ga­ra­nya ber­pe­rang atas na­ma Tu­han.

Pa­da­hal me­nu­rut Lo­cke se­ba­gai­ma­na di­iku­ti Ma­gee (2008), ne­ga­ra ber­ke­wa­jib­an me­lin­dungi li­fe and fre­edom (hi­dup dan ke­be­bas­an) war­ga ne­ga­ra­nya (Tim Im­puls, ed: 2010). Per­ta­nya­an yang mun­cul ke­mu­di­an ada­lah meng­apa ne­ga­ra sam­pai ha­ri ini ha­nya bi­sa me­ngu­tuk dan akan meng­usut tun­tas ka­sus-ka­sus ke­ke­ras­an atas na­ma aga­ma?

Re­gu­la­si

Ka­sus ke­ke­ras­an atas na­ma aga­ma yang dia­la­mi oleh je­ma­at Ah­ma­di­yah ti­dak ha­nya ter­ja­di ka­li ini. Su­dah ber­ulang ka­li. Mu­lai da­ri pe­ru­sak­an ru­mah iba­dat, peng­usir­an, dan peng­ani­aya­an. Na­mun, se­per­ti­nya pe­me­rin­tah ma­sih sa­ja du­duk ter­ma­ngu me­li­hat pen­de­ri­ta­an je­ma­at Ah­ma­di­yah. Pe­me­rin­tah se­per­ti­nya ti­dak mam­pu ber­buat ba­nyak gu­na meng­hen­ti­kan tin­dak ke­ke­ras­an ini.

Pe­me­rin­tah le­bih di­si­buk­kan oleh urus­an-urus­an yang da­pat me­na­ik­kan ci­tra di­ri dan go­long­an. Ujung-ujung­nya ada­lah mem­per­oleh du­kung­an ma­sya­ra­kat da­lam pe­mi­lu. Po­li­tik pen­ci­tra­an pe­me­rin­tah te­lah me­lu­kai ke­ru­kun­an hi­dup umat ber­aga­ma di In­do­ne­sia. Bang­sa plu­ral ini men­ja­di bang­sa yang ti­dak ra­mah ter­ha­dap ka­um mi­no­ri­tas.

Ka­um mi­no­ri­tas apa­la­gi ber­be­da da­lam hal pan­dang­an ke­aga­ma­an wa­jib enyah da­ri bu­mi Nu­san­ta­ra. Ma­ka me­re­ka me­la­ku­kan apa sa­ja de­mi “tu­gas mu­lia” ter­se­but. Ji­ka ca­ra-ca­ra me­ru­juk pa­da UU atau Su­rat Ke­pu­tus­an Ber­sa­ma (SKB) ti­dak mam­pu, ja­lan ke­ke­ras­an di­ang­gap “ha­lal” un­tuk mem­bas­mi ke­lom­pok mi­no­ri­tas.

Ji­ka hal ini te­rus me­ne­rus di­bi­ar­kan, dis­in­te­gra­si bang­sa In­do­ne­sia ting­gal­lah me­nung­gu wak­tu. Bang­sa In­do­ne­sia akan ter­koy­ak oleh ulah ka­um yang meng­aku ber­iman dan ber­tu­han.

Ne­ga­ra su­dah sa­at­nya meng­am­bil pe­ran gu­na men­ce­gah ke­ke­ras­an ka­lau ti­dak mau di­se­but pe­rang atas na­ma Tu­han. Ne­ga­ra wa­jib men­ce­gah tin­dak ke­ke­ras­an atas na­ma apa­pun. Dan apa­bi­la ti­dak di­ke­lo­la de­ngan ba­ik akan me­mun­cul­kan be­nih-be­nih den­dam yang da­pat me­le­tup ka­pan sa­ja.

Gu­na men­ce­gah hal ter­se­but ne­ga­ra wa­jib mem­bu­at se­buah re­gu­la­si. Re­gu­la­si di­mak­sud di­la­ku­kan da­lam rang­ka mem­be­ri­kan per­lin­dung­an ke­pa­da war­ga ne­ga­ra, bu­kan in­ter­ven­si. Re­gu­la­si itu ber­kai­tan de­ngan upa­ya-upa­ya me­lin­dungi ke­se­la­mat­an ma­sya­ra­kat (pu­blic sa­fe­ty), ke­ter­tib­an ma­sya­ra­kat (pu­blic or­der), ke­se­hat­an ma­sya­ra­kat (pu­blic he­alth), etik dan mo­ral ma­sya­ra­kat ( pu­blic mo­ra­li­ty) dan me­lin­dungi hak dan ke­be­bas­an men­da­sar orang lain (the fun­da­men­tal rights and fre­edom of or­ders).

Un­tuk tu­ju­an-tu­ju­an ter­se­but, ne­ga­ra per­lu me­ne­tap­kan ram­bu-ram­bu agar se­tiap aga­ma ti­dak meng­ajar­kan hal-hal yang meng­gang­gu ke­ter­tib­an ma­sya­ra­kat dan ke­se­hat­an me­re­ka, ti­dak meng­ajar­kan ke­ke­ras­an (vio­len­ce) ke­pa­da sia­pa pun dan de­ngan alas­an apa pun, dan ti­dak me­la­ku­kan peng­hi­na­an ter­ha­dap peng­ikut aga­ma lain (Moh Sho­fan: 2011).

Ne­ga­ra ti­dak bo­leh ha­nya me­ngu­tuk dan tu­rut pri­ha­tin atas ke­ja­di­an-ke­ja­di­an yang men­ju­rus pa­da in­to­le­ran­si. Per­nya­ta­an me­ngu­tuk dan tu­rut pri­ha­tin yang se­ring di­sam­pai­kan oleh pe­me­rin­tah se­ba­gai pe­me­gang oto­ri­tas ne­ga­ra me­nun­juk­kan be­ta­pa ia ti­dak mam­pu me­nge­lo­la ne­ga­ra de­ngan ba­ik.

Eti­ka glo­bal

Le­bih lan­jut, per­nya­ta­an ter­se­but me­ru­pa­kan buk­ti oten­tik bah­wa pe­me­rin­tah ti­dak mem­pu­nyai si­kap dan ke­pe­ka­an da­lam me­lin­dungi war­ga ne­ga­ra­nya. War­ga mi­no­ri­tas di­bi­ar­kan men­ja­di mang­sa atau sa­sar­an em­puk pi­hak-pi­hak yang meng­aku ”peng­awal tu­han” yang da­pat meng­ha­ki­mi orang lain atas da­sar ke­ya­kin­an ma­yo­ri­tas. Pe­me­rin­tah te­lah abai ter­ha­dap ke­wa­jib­an­nya me­lin­dungi se­lu­ruh tum­pah da­rah bang­sa In­do­ne­sia.

Le­bih da­ri itu, pe­mu­ka atau pim­pin­an umat ber­aga­ma su­dah sa­at­nya me­nye­mai eti­ka glo­bal. Hans Kung me­na­war­kan eti­ka glo­bal un­tuk me­me­cah­kan per­ma­sa­lah­an kon­flik-kon­flik di du­nia. Se­mua aga­ma dan pa­ham ke­bi­jak­an apa pun di­ajak me­nyum­bang­kan ni­lai-ni­lai etis­nya se­hing­ga ter­ben­tuk eti­ka glo­bal un­tuk se­lu­ruh du­nia, yang ti­dak ber­la­tar be­la­kang pa­da ha­nya sa­tu aga­ma atau pa­ham bu­da­ya ter­ten­tu. Na­mun se­ba­gai eti­ka, ke­ten­tu­an-ke­ten­tu­an­nya ti­dak­lah meng­ikat dan me­mak­sa se­per­ti hal­nya hu­kum in­ter­na­sio­nal, me­la­in­kan ta­war­an yang meng­ajak un­tuk mem­per­ba­rui ba­reng du­nia ini.

Eti­ka glo­bal bi­sa di­ang­gap se­ba­gai eti­ka per­ga­ul­an umum, ter­ma­suk per­ga­ul­an an­ta­ra­ga­ma (re­li­gio­us ethics) yang ber­be­da-be­da. Eti­ka ini ber­be­da da­ri eti­ka da­ri sua­tu aga­ma (ethics of a re­li­gion), yang ber­la­lu se­ca­ra khu­sus da­lam ma­sing-ma­sing dan se­tiap aga­ma (A Su­di­ar­ja, da­lam Men­cung­kil Sum­bat­an To­le­ran­si, 2010).

Pa­da akhir­nya, ke­ke­ras­an atas na­ma aga­ma dan Tu­han yang ber­ujung pa­da ke­ma­ti­an ma­nu­sia mer­de­ka me­ru­pa­kan po­tret bu­ram ke­ru­kun­an hi­dup umat ber­aga­ma. Hal ini ju­ga me­nun­juk­kan be­ta­pa le­mah­nya ne­ga­ra me­lin­dungi ha­jat hi­dup dan ke­be­bas­an war­ga ne­ga­ra­nya. Wal­la­hu­a­lam. - Oleh : Ben­ni Se­tia­wan Pe­ne­li­ti, alum­nus Prog­ram Pas­ca­sar­ja­na UIN Su­nan Ka­li­ja­ga, Yog­ya­kar­ta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar