Search

Rabu, 28 September 2011

Bangkitkan Kejayaan PT Pos



Opini, Harian Joglosemar, Senin, 26 September 2011

Persoalan persaingan usaha bukanlah halangan berarti bagi PT Pos, karena integritas dan integrasi jaringan online yang menjangkau seluruh wilayah Indonesia merupakan potensi yang tidak dimiliki oleh perusahaan lain.

Menyebut pos, pasti angan-angan kita tertuju pada warna kuning dan tumpukan surat. Pos sebagai pusat transaksi surat menyurat kini terus berkembang. Namun, di tengah perkembangan zaman, PT Pos pun mempunyai tantangan yang tidak sedikit. Salah satu tantangan itu adalah kemajuan teknologi menggunakan internet dan short message service (sms). Namun, ke semuannya itu tidak menyurutkan PT Pos untuk mengembangkan diri, sejajar atau bahkan memiliki keunggulan produk. PT Pos kini telah terintegrasi dengan sambungan internet yang memungkinkan peningkatan kualitas dan ketepatan kiriman.
Dengan teknologi ini pun PT Pos kemudian juga mengembangkan kerja sama dengan beberapa perusahaan umum pemerintah seperti PT Kereta Api Indonesia (KAI) dalam menyediakan fasilitas pemesanan tiket kereta api kelas bisnis dan eksekutif. PT Pos pun mengembangkan jaringan perbankan, dengan sarana western union atau kiriman via internet yang dapat diambil tanpa harus memiliki buku tabungan atau rekening di bank.
Keberadaan layanan ini tentu sangat membantu meringankan beban masyarakat. Masyarakat tidak perlu jauh-jauh menuju bank atau terbebani biaya bulanan pembukaan rekening. Mereka cukup datang ke kantor pos terdekat. Apa yang dilakukan oleh PT Pos ini tentu menggembirakan. Artinya, perusahaan penyedia sarana surat-menyurat tertua yang telah menguasai hampir seluruh wilayah Indonesia itu, masih mempunyai harapan untuk terus maju dan berkembang.
Sejarah mencatat, keberadaan Pos Indonesia begitu panjang, kantor pos pertama didirikan di Batavia (sekarang Jakarta) oleh Gubernur Jendral G.W Baron van Imhoff pada tanggal 26 Agustus 1746 dengan tujuan untuk lebih menjamin keamanan surat-surat penduduk, terutama bagi mereka yang berdagang dari kantor-kantor di luar Jawa dan mereka yang datang dan pergi ke Belanda. Sejak itulah pelayanan pos telah lahir mengemban peran dan fungsi pelayanan kepada publik.
Setelah Kantor Pos Batavia didirikan, maka empat tahun kemudian didirikan Kantor pos Semarang untuk mengadakan perhubungan pos yang teratur antara kedua tempat itu dan untuk mempercepat pengirimannya. Rute perjalanan pos kala itu ialah melalui Karawang, Cirebon dan Pekalongan.
Pos Indonesia telah beberapa kali mengalami perubahan status mulai dari Jawatan Post, Telegraph dan Telephone(PTT). Badan usaha yang dipimpin oleh seorang Kepala Jawatan ini operasinya tidak bersifat komersial dan fungsinya lebih diarahkan untuk mengadakan pelayanan publik. Perkembangan terus terjadi hingga statusnya menjadi Perusahaan Negara Pos dan Telekomunikasi (PN Postel).
Mengamati perkembangan zaman dimana sektor pos dan telekomunikasi berkembang sangat pesat, maka pada tahun 1965 berganti menjadi Perusahaan Negara Pos dan Giro (PN Pos dan Giro), dan pada tahun 1978 berubah menjadi Perum Pos dan Giro yang sejak ini ditegaskan sebagai badan usaha tunggal dalam menyelenggarakan dinas pos dan giropos baik untuk hubungan dalam maupun luar negeri. Selama 17 tahun berstatus Perum, maka pada Juni 1995 berubah menjadi Perseroan Terbatas dengan nama PT Pos Indonesia (Persero).
Dengan berjalannya waktu, Pos Indonesia kini telah mampu menunjukkan kreatifitasnya dalam pengembangan bidang perposan Indonesia dengan memanfaatkan insfrastruktur jejaring yang dimilikinya yang mencapai sekitar 24 ribu titik layanan yang menjangkau 100 persen kota/kabupaten, hampir 100 persen kecamatan dan 42 persen kelurahan/desa, dan 940 lokasi transmigrasi terpencil di Indonesia.
Seiring dengan perkembangan informasi, komunikasi dan teknologi, jejaring Pos Indonesia sudah memiliki 3.700 Kantor pos online, serta dilengkapi elektronik mobile pos di beberapa kota besar. Semua titik merupakan rantai yang terhubung satu sama lain secara solid dan terintegrasi. Sistem Kode Pos diciptakan untuk mempermudah processing kiriman pos dimana tiap jengkal daerah di Indonesia mampu diidentifikasi dengan akurat (posindonesia.co.id).

Pojok Pos
Menilik sejarah panjang PT Pos ini, masyarakat masih berharap pada deru derap langkah pos Indonesia. Persoalan persaingan usaha bukanlah halangan berarti bagi PT Pos, karena integritas dan integrasi jaringan online yang menjangkau seluruh wilayah Indonesia merupakan potensi yang tidak dimiliki oleh perusahaan lain.
Dengan jangkauan yang luas ini sudah saatnya PT Pos kembali memimpin sebagai perusahaan yang mampu melayani masyarakat dan mendedikasikan dirinya untuk kesejahteraan rakyat. Salah satu indikatornya adalah kepercayaan pemerintah pusat yang mempercayakan pembagian bantuan langsung tunai (BLT) yang diambil dari subsidi bahan bakar minyak beberapa waktu lalu. Kepercayaan pemerintah ini tentunya didasarkan pada kedekatan keberadaan kantor pos dengan masyarakat.
Kendati demikian, PT Pos pun perlu terus berinovasi, seperti menyediakan pojok pembelajaran. Pojok pembelajaran ini dapat berupa kumpulan koleksi prangko dari masa ke masa, buku-buku sejarah PT Pos, foto koleksi berupa bangunan, sepeda onthel sebagai sarana pengantar surat di masa lampau, dan foto-foto lainnya yang mempunyai nilai edukasi.
Dengan demikian, seseorang datang ke kantor pos tidak hanya bertransaksi atau berkirim surat saja, namun juga dapat belajar mengenai sejarah kebangsaan Indonesia melalui pos. Hal ini karena keberadaan PT Pos sejak abad ke-17 tentu mempunyai nilai sejarah yang panjang. Dan ini semua tentunya sangat penting bagi peningkatan kualitas pendidikan di tanah air yang sedang terseok.
Keberadan pojok pos pembelajaran ini dapat dimulai dengan kantor-kantor pos besar di tingkat kabupaten, propinsi, dan atau pusat. Keberadaan pojok pos ini dapat dimanfaatkan oleh pelajar dan mahasiswa yang ingin belajar dan meneliti tentang pos Indonesia.
Pada akhirnya, keberadaan PT Pos yang telah membudaya dan menyejarah ini sangat sayang jika tidak banyak diketahui oleh masyarakat. Kejayaan PT Pos merupakan bagian integral yang tidak dapat dipisahkan dalam sejarah panjang bangsa Indonesia.

Benni Setiawan, Pemerhati Masalah Sosial, tinggal di Sukoharjo.

40 komentar:

foredi murah mengatakan...

Saya senang membaca Info dan Artikel yang di buat di Wibesite ini. Patut dicoba. Salam Sukses selalu.

foredi padang mengatakan...

Terima kasih untuk tipsnya, saya mau coba semoga juga.

foredi palangkaraya mengatakan...

Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

foredi palembang mengatakan...

Terima Kasih, Tulisan yang sangat membantu. Salam Sukses!

foredi palu mengatakan...

Amazing artikel, Infonya bagus banyak mengandung Tips dan Pesan yang bermutu. salam sukses

foredi papua mengatakan...

Terima kasih atas Artikel dan Info yang selalu menambah wawasan.semoga sukses

foredi pekanbaru mengatakan...

Terima kasih atas pencerahannya, tulisannya menarik juga. Saya akan coba

foredi pontianak mengatakan...

Ilmu yang bermanfaat dan berguna Cuma ada di Wibesite ini, terutama Tips dan Artikelnya. Jadi ingin coba. Salam sukses

foredi purwokerto mengatakan...

Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. terimakasih

foredi samarinda mengatakan...

Artikel yang sangat Innovatif dan banyak Tipsnya. jadi ingin coba. semoga berhasil

foredi semarang mengatakan...

Tulisan dan Tipsnya sangat bermanfaat dan Infomatif. wajib dicoba. sukses selalu.

foredi sidoarjo mengatakan...

Tips yang cerdas cuma di Wibesite ini banyak kumpulan Artikel bagus. harus dicoba. salam sukses

foredi solo mengatakan...

Amazing artikel, Infonya bagus banyak mengandung Tips dan Pesan yang bermutu. salam sukses

foredi surabaya mengatakan...

Amazing Artikel yang sangat berguna,terutama Tipsnya sangat membangun. boleh dicoba.

foredi tangerang mengatakan...

Terimakasih Tulisan dan Info yang bermanfaat. wajib dicoba. salam sukses selalu.

foredi tegal mengatakan...

Tips dan Info menarik, boleh dicoba, Semoga berhasil

foredi yogyakarta mengatakan...

Setelah membuka Wibesite ini, saya menemukan Artikel yang Amazing dan infonya boleh dicoba. Sukses selalu

jamu kuat mengatakan...

Saya menemukan Artikel hebat di wibesite ini jadi ingin coba Tipsnya. Semoga berhasil

Jual foredi gel mengatakan...

Artikel Menarik terutama Infonya, boleh dicoba. Salam sukses

obat ejakulasi dini alami mengatakan...

Saya senang setelah membaca Tips dan Artikelnya, harus dicoba.Semoga berhasil

obat memperbesar penis mengatakan...

Tipsnya sangat Infomatif, wajib dicoba salam sukses

foredi magelang mengatakan...

Saya senang setelah membaca Tips dan Artikelnya, harus dicoba.Semoga berhasil

salman mengatakan...

thank you ...... hopefully this article to bermamfaat for everyone ... success be yours, make today better than yesterday, and tomorrow better than today .. greetings ...

Timbangan Digital mengatakan...

setuju gan PT POS gak ada terobosan baru bosan tapi harus kita support

Kredit Mobil mengatakan...

yang jadul-jadul kalo gak di reformasi bakalan kelibas gan..

ferry lazzuardo mengatakan...

terima kasih atas informasinya..
semoga dapat bermanfaat bagi kita semua :) City car

ferry lazzuardo mengatakan...

terima kasih atas informasinya..
kunjungi juga website kami Mobil Terbaik

sukses selalu

ferry lazzuardo mengatakan...

terima kasih atas informasinya
sungguh bermanfaat artikel ini..thanks for share
mobil terbaik

mobil baru mengatakan...

nice share. nice post. semoga bermanfaat bagi

kita semua :)
keep update!
mobil baru

ferry lazzuardo mengatakan...

Jangan berhenti untuk terus berkarya, semoga

kesuksesan senantiasa menyertai kita semua.
keep update! mobil terbaik

mobil cepat mengatakan...

Jangan berhenti untuk terus berkarya, semoga

kesuksesan senantiasa menyertai kita semua.
keep update! mobil cepat

mobil sport mengatakan...

terima kasih atas informasinya..
semoga dapat bermanfaat bagi kita semua :) mobil sport

harga toyota kijang bekas mengatakan...

Jangan berhenti untuk terus berkarya, semoga kesuksesan senantiasa menyertai kita semua.
keep update!Harga toyota kijang bekas

harga daihatsu xenia 2014 mengatakan...

Jangan berhenti untuk terus berkarya, semoga kesuksesan senantiasa menyertai kita semua.
keep update!Harga Daihatsu Xenia 2014

Raisa mengatakan...


terima kasih atas informasinya..
semoga dapat bermanfaat bagi kita semua :) Raisa

piala dunia mengatakan...

terima kasih atas informasinya..
kunjungi juga website kami Piala Dunia

sukses selalu

Anonim mengatakan...

Jangan berhenti untuk terus berkarya, semoga kesuksesan senantiasa menyertai kita semua.
keep update!Harga Honda City 2014

Anonim mengatakan...

terima kasih atas informasinya..
kunjungi juga website kami Piala Dunia

sukses selalu

Anonim mengatakan...


Jangan berhenti untuk terus berkarya, semoga kesuksesan senantiasa menyertai kita semua.
keep update!Harga Honda civic bekas

javainblue mengatakan...

informasi yang sangat menarik dan bermanfa'at
MotoGP

Posting Komentar