Search

Sabtu, 04 Juni 2011

Su­ko­har­jo bu­kan sa­rang te­ro­ris



Solo Pos, Jum'at, 27 Mei 2011 , Hal.4

Ka­bu­pa­ten Su­ko­har­jo po­pu­ler akhir-kahir ini. Ka­bu­pa­ten ini se­la­lu di­se­but ke­ti­ka Den­sus 88 An­ti­te­ror Pol­ri me­nu­na­i­kan tu­gas me­num­pas te­ro­ris. Ba­ru-ba­ru ini Den­sus 88 An­ti­te­ror me­nem­bak ma­ti dua ter­du­ga te­ro­ris Si­git Qur­dho­wi dan Hen­dro Yu­ni­an­to di wi­la­yah itu.

Se­ba­gai war­ga Su­ko­har­jo, sa­ya pri­ha­tin atas kon­di­si itu. Su­ko­har­jo du­lu di­ke­nal se­ba­gai lum­bung pa­ngan na­sio­nal, ki­ni pu­nya ci­tra ja­di sa­rang te­ro­ris aki­bat ulah se­di­kit ok­num.

Se­lain lum­bung pa­ngan na­sio­nal, Su­ko­har­jo te­lah me­la­hir­kan to­koh bang­sa, dr Soe­po­mo. Se­ba­gai war­ga Su­ko­har­jo, sa­ya ju­ga be­lum la­ma ta­hu me­nge­nai to­koh ini. Ber­mu­la da­ri per­ke­nal­an sa­ya de­ngan Da­vid Re­e­ve (se­ja­ra­wan dan As­so­cia­te Pro­fes­sor ACI­CIS IL­TI Aca­de­mic Co­or­di­na­tor) di Uni­ver­si­tas Gad­jah Ma­da per­te­ngah­an ta­hun la­lu.

Ke­ti­ka sa­ya mem­per­ke­nal­kan di­ri ber­asal da­ri Su­ko­har­jo, dia lang­sung me­nye­but na­ma Soe­po­mo. “Sa­ya de­ngar ada ja­lan dan pa­tung dr Soe­po­mo di sa­na?” ta­nya­nya, sing­kat. Sa­ya ter­ga­gap dan ti­dak bi­sa men­ja­wab. Se­pen­dek pe­nge­ta­hu­an sa­ya ti­dak ada ja­lan uta­ma di wi­la­yah Su­ko­har­jo yang di­na­mai de­ngan na­ma to­koh bang­sa ini. Ka­lau ja­lan­nya sa­ja ti­dak ada, apa mung­kin ada pa­tung­nya se­ba­gai te­te­nger?

dr Soe­po­mo ada­lah put­ra Su­ko­har­jo. Ia la­hir di Su­ko­har­jo, 22 Ja­nua­ri 1903. Me­ning­gal di Ja­kar­ta, 12 Sep­tem­ber 1958. Da­lam umur yang re­la­tif sing­kat, 55 ta­hun, ia te­lah ber­kon­tri­bu­si ba­gi pe­le­tak­kan da­sar ne­ga­ra. Ia ada­lah sa­lah sa­tu ar­si­tek Un­dang-Un­dang Da­sar (UUD) 1945. Pe­mi­kir­an­nya me­ngon­truk­si kon­sti­tu­si ne­ga­ra yang men­ja­di lan­das­an fun­da­men­tal ke­hi­dup­an ber­bang­sa dan ber­ne­ga­ra.

Ba­gi­nya, ti­dak per­lu pe­mi­sah­an ti­ga lem­ba­ga ting­gi ne­ga­ra (le­gis­la­tif, yu­di­ka­tif dan ek­se­ku­tif). Kon­sep ini ke­mu­di­an di­se­but se­ba­gai ne­ga­ra in­teg­ra­lis­tik. Kon­sep ne­ga­ra in­teg­ra­lis­tik me­ne­kan­kan pe­ran ne­ga­ra yang ti­dak ha­nya men­ja­min ke­pen­ting­an in­di­vi­du dan go­long­an sa­ja.

Ne­ga­ra me­ru­pa­kan ke­sa­tu­an yang da­pat me­ma­in­kan pe­ran se­ba­gai pe­lin­dung se­lu­ruh war­ga ne­ga­ra, tan­pa dis­kri­mi­na­si, tan­pa mem­be­da­kan ke­las-ke­las so­si­al. Se­buah kon­sep ori­si­nal yang ja­rang di­pa­ha­mi se­ca­ra kom­pre­hen­sif.

Na­mun, to­koh ini ti­dak di­ke­nal lu­as oleh ma­sya­ra­kat, khu­sus­nya di Ka­bu­pa­ten Su­ko­har­jo. Ma­sya­ra­kat, akhir-akhir ini, le­bih me­li­hat Su­ko­har­jo da­lam ra­nah kon­tes­ta­si Is­lam ra­di­kal dan ber­se­ma­yam­nya ja­ring­an te­ro­ris lo­kal dan in­ter­na­sio­nal.

Per­ta­nya­an yang mun­cul ke­mu­di­an ada­lah meng­apa Su­ko­har­jo men­ja­di la­dang tem­pat tum­buh su­bur­nya ra­di­ka­lis­me di ka­was­an So­lo­ra­ya?

Me­rang­kul pe­san­tren

Su­ko­har­jo ti­dak mung­kin me­no­lak ke­ha­dir­an ma­sya­ra­kat da­ri se­lu­ruh pen­ju­ru dae­rah. Da­tar­an Su­ko­har­jo yang le­bih ber­sa­ha­bat mung­kin ba­nyak di­pi­lih oleh ma­sya­ra­kat un­tuk ber­tem­pat ting­gal.

Se­iring de­ngan ber­da­ta­ngan­nya ma­sya­ra­kat, tem­pat-tem­pat ka­ji­an Is­lam tum­buh se­ca­ra pe­sat di Su­ko­har­jo. Pon­dok Pe­san­tren mi­sal­nya. Se­ti­dak­nya ada 37 pon­dok pe­san­tren yang tum­buh dan ber­kem­bang di si­ni. Di an­ta­ra­nya pon­dok pe­san­tren yang ter­go­long be­sar, ya­i­tu Al-Muk­min Ngru­ki, As­sa­la­am Pa­bel­an, Imam Su­ho­do Be­ko­nang dan Al-Ukhu­wah Jo­ho. Co­rak dan ga­ya pen­di­dik­an­nya bera­gam. Mu­lai da­ri Mu­ham­ma­di­yah (20%), Nah­dla­tul Ula­ma (10%) dan Sa­la­fi (70%).

Ber­mun­cul­an­nya pon­dok pe­san­tren se­ba­gai ba­sis pe­nye­bar­an Is­lam ten­tu me­ru­pa­kan hal ba­ik. Ar­ti­nya, Is­lam ti­dak ha­nya di­pa­ha­mi da­lam se­buah di­men­si yang sem­pit, na­mun te­lah me­nyen­tuh pa­da se­tiap re­lung ji­wa ma­sya­ra­kat.

Me­ning­kat­nya kua­li­tas ke­aga­ma­an se­se­o­rang tak se­ha­rus­nya men­ja­di alas­an un­tuk me­la­ku­kan tin­dak­an yang me­lang­gar hu­kum dan ta­tan­an aga­ma. Aga­ma bu­kan­lah alat pem­be­nar atas tin­dak­an bar­bar. Aga­ma me­ru­pa­kan pe­na­war ra­cun ke­ja­hat­an dan tin­dak­an ti­dak ter­pu­ji lain­nya.

Da­lam kon­teks ma­sya­ra­kat Su­ko­har­jo, su­dah sa­at­nya po­ten­si dae­rah se­ma­cam ini di­ke­lo­la de­ngan ba­ik. Pon­dok pe­san­tren se­ba­gai pu­sat ka­ji­an Is­lam me­ru­pa­kan mo­dal so­si­al mem­ben­tengi ma­sya­ra­kat da­ri per­bu­at­an ke­ji.

Ke­ti­ka pon­dok pe­san­tren mam­pu me­lak­sa­na­kan tu­gas se­per­ti itu, ke­cilk ke­mung­kin­an di­su­su­pi ide­o­lo­gi yang me­ru­sak ci­tra Is­lam. Se­lain itu, pon­dok pe­san­tren ju­ga akan ter­be­bas da­ri stig­ma ne­ga­tif yang be­la­kang­an me­nge­mu­ka aki­bat pem­be­ri­ta­an di ber­ba­gai me­dia mas­sa.

Ba­gai­ma­na pon­dok pe­san­tren mam­pu me­nu­na­i­kan tu­gas mu­lia ini? Sa­lah sa­tu­nya ada­lah de­ngan ke­ra­mah­an pe­me­rin­tah dae­rah un­tuk me­rang­kul pon­dok pe­san­tren. Pon­dok Pe­san­tren bu­kan ha­nya me­dia pe­nyum­bang sua­ra sa­at Pil­ka­da, na­mun me­ru­pa­kan ba­gi­an ma­sya­ra­kat yang per­lu men­da­pat­kan per­ha­ti­an pe­me­rin­tah dae­rah.

Pe­me­rin­tah dae­rah ti­dak bo­leh me­ning­gal­kan pon­dok pe­san­tren da­lam kon­di­si ba­bak be­lur di­ha­jar pem­be­ri­ta­an mi­ring. Pon­dok pe­san­tren ber­hak men­da­pat­kan ke­sem­pat­an un­tuk te­rus ber­ka­rya dan men­di­dik anak bang­sa di dae­rah.

Per­ha­ti­an ter­ha­dap tum­buh kem­bang pon­dok pe­san­tren ini bu­kan un­tuk meng­awasi, na­mun se­ba­gai upa­ya un­tuk sa­ling me­nge­nal dan to­long-me­no­long da­lam ke­ba­ik­an.

Be­la­jar da­ri So­lo

Ki­ni sa­at­nya Pe­me­rin­tah Ka­bu­pa­ten Su­ko­har­jo “me­la­wan” stig­ma ne­ga­tif de­ngan ca­ra yang san­tun se­ba­gai­ma­na te­lah di­prak­tik­kan oleh Pe­me­rin­tah Ko­ta So­lo. Wa­li­ko­ta So­lo ti­dak per­nah me­nge­lu­ar­kan per­nya­ta­an So­lo ber­pe­rang me­la­wan te­ro­ris, na­mun ia me­lak­sa­na­kan prog­ram pen­ci­tra­an So­lo Ber­se­ri de­ngan meng­ang­kat kha­sa­nah bu­da­ya lo­kal ke pen­tas in­ter­na­sio­nal.

Pe­me­rin­tah Ka­bu­pa­ten Su­ko­har­jo per­lu be­la­jar da­ri So­lo. Mi­sal­nya, peng­ka­ji­an se­ca­ra se­rius to­koh so­sok dr Soe­po­mo dan men­co­ba meng­ak­tua­li­sa­si­kan ide-ide­nya da­lam ra­nah lo­kal. Pe­ker­ja­an ini le­bih mu­lia da­ri­pa­da se­ka­dar meng­adop­si prog­ram kon­tra­te­ro­ris­me yang mung­kin ti­dak se­suai de­ngan kon­di­si dan po­ten­si dae­rah.

Pa­da akhir­nya, usa­ha pe­me­rin­tah dae­rah dan se­lu­ruh kom­po­nen ma­sya­ra­kat un­tuk meng­gang­kat kem­ba­li ci­tra Ka­bu­pa­ten Su­ko­har­jo de­ngan ja­lan ke­bu­da­ya­an me­ru­pa­kan tu­gas yang ti­dak ri­ngan. Ma­ka da­ri itu ke­sung­guh­an dan ker­ja ke­ras me­ru­pa­kan ka­ta kun­ci­nya. - Oleh : Ben­ni Se­tia­wan Pe­nu­lis ting­gal di Su­ko­har­jo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar